Assalaamu'alaikum, Ahlan wa Sahlan bi Hudhurikum...

Bo'ong


Ibu: “hari ahad gini mau kemana nak? Libur-libur kok keluar aja?”
Boy: “hemm... mau ke rumah Andi bu’...” (benerran, swear ga’ ngibulin)
Ibu: “mau apa kesana? Ganggu dia aja, udah di rumah aja jaga adik-adikmu”
Boy: “yaah ibu, mau ngerjain tugas bareng nih bu, aku susah ngerjain sendirian” (merajuk pake alasan ngerjain tugas biar dibolehin, kalo bilang sebetulnya mau maen sepak bola pasti udah dilarang)
Ibu: “ooh ada PR yang susah? Ayok sini belajar sama ibu, mana PRnya?”
Boy: “yaah ibu, ini tugas kelompok, musti dikerjain bareng” (nah alasan lagi, terpaksa ngibul lagi)
Ibu: “oh ya? Ya udah tapi pulangnya jangan lewat Ashar ya nak”
Boy: “oke bu, pergi dulu yaa, Assalaamu’alaikum...” (mencium tangan ibu sambil nyengir penuh kemenangan palsu)

Ckckck... lidah emang gak punya tulang, dengan luwesnya lidah bergerak kacau... kacau ngakunya mau belajar bareng padahal maen sepakbola bareng... apakah itu yang disebut bo’ong? Ya, itulah bo’ong alias dusta. Disaat seperti ini ingatlah Allah berfirman “Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan” (QS.61:2-3)

Nah lhoh, amat besar kebencianNya, Dia Yang Maha Agung penguasa jagat raya yang kita tinggalin ini benci sama kita? (kita yang bo’ong). Coba bandingin ama yang namanya jujur nieh...

Ibu: “hari ahad gini mau kemana nak? Libur-libur kok keluar aja?”
Boy: “hemm... mau ke rumah Andi bu’...” (benerran, swear ga’ ngibulin)
Ibu: “mau apa kesana? Ganggu dia aja, udah di rumah aja jaga adik-adikmu”
Boy: “mau maen sepak bola bu’, uda janjian ama Andi dan temen-temen kok bu.. biar makin sip maen bolanya.. boleh ya buu...” (merengek jujur pake tatapan mata memelas)
Ibu: “o ya? Ama siapa aja? Trus pulang jam berapa?”
Boy: “ama Doni, Budi, Adi, Juki, Danu, dan laen-laen deh bu... mau latihan tanding... jadi mungkin ampek siang”
Ibu: “oh ya? Ya udah tapi pulangnya jangan lewat Ashar ya nak, nih uang jajan buat beli minum kalo haus, temennya juga dikasih ya...”
Boy: “oke bu, pergi dulu yaa, Assalaamu’alaikum...” (mencium tangan ibu sambil nyengir penuh kemenangan asli)

Ini nih lidah yang pinter merayu, eeh maksudnya lidah yang terjaga lisannya dari bo’ong... Ingatlah bahwa Rasulullah saw dijuluki sebagai al-amin yang dikenal sebagai orang yang jujur dapat dipercaya. beliau pernah bersabda :

“Senantiasalah kalian jujur, karena sesungguhnya kejujuran itu membawa kepada kebajikan, dan kebajikan membawa kepada surga. Seseorang yang senantiasa jujur dan berusaha untuk selalu jujur, akhirnya ditulis di sisi Allah sebagai seorang yang selalu jujur. Dan jauhilah kedustaan karena kedustaan itu membawa kepada kemaksiatan, dan kemaksiatan membawa ke neraka. Seseorang yang senantiasa berdusta dan selalu berdusta, hingga akhirnya ditulis di sisi Allah sebagai seorang pendusta.” (HR.Abu-Dawud dan Tirmidzi)

Tuh beda banget khan hasilnya antara yang bo’ong ama yang jujur, dari cerita si Boy maupun kata Rasul kita yang dikasihi Allah. Yang lebih dahsyat lagi nih, Allah berfirman: “Ini adalah suatu hari yang bermanfaat bagi orang-orang yang benar kebenaran mereka. Bagi mereka surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha terhadap-Nya. Itulah keberuntungan yang paling besar.” (QS. al-Maidah: 119).

Hmmm... pikir-pikir lagi deh kalo mau bo’ong, dibenci lho sama Tuhan, padahal yang selama ini ngasih kita kesehatan, kecerdasan, kecukupan, kesenangan dan berbagai kenikmatan kan Tuhan... Satu lagi, kalo tadi di surat 61 tadi kita gak boleh mengaku-ngaku mengerjakan sesuatu padahal kita ndak mengerjakannya, berarti waktu ujian kita juga gak boleh nyontek, hahhh??? Kalo kita cerdas bisa di logika donk, waktu nyontek kan kita nyalin hasil kerjaan temen kita, padahal temen kita yang ngerjain, trus kita salin di lembar jawab kita sebagai pengakuan kalo itu kita yang ngerjain... nah lhoh... so?

Tuh makanya jadilah orang yang benar, benar ucapan dengan perbuatannya, dan benar ucapan dengan hatinya. Yuk kita jadi orang-orang yang benar agar bisa tinggal di syurgaNya, amiin.

Oleh: Husna Al-Banna
Facebook
 

Salam dan Sapa

# Service :

# The Pretender :

Arsip Kegiatan

Sahabat